0

        Tahun 2012, untuk pertama kalinya Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Lomba Cerdik Cermat Komunikatif bagi Kelompok Informasi Masyarakat (LCCK KIM) Tingkat kota Surabaya.

        Lomba ini bertujuan untuk mengukur kemampuan KIM dalam memilih, memilah dan mengumpulkan informasi yang disebarluaskan ke masyarakat juga untuk mencari perwakilan dari Kota Surabaya yang akan diikutsertakan dalam seleksi lomba KIM di Tingkat Propinsi dan Bakorwil. Acara LCCK KIM ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Semarak Hari Jadi Kota Surabaya ke-719 tahun 2012.


        Peserta KIM dari 31 kecamatan yang ada di Kota Surabaya sebelumnya diseleksi yang kemudian mengerucut menjadi 18 kecamatan dan dipilih lagi menjadi 6 kecamatan untuk berkompetisi di semifinal.

        Pada ajang semifinal tersebut, 6 KIM yang berhasil lolos adalah dari Kecamatan Sukolilo, Gayungan, Bulak, Gubeng, Bubutan dan Wonokromo.

        Seleksi yang dilakukan antara lain : masing-masing KIM diuji kemampuan cerdik, cermat dan mendiseminasikan informasi, kemampuan menyerap dan memahami, memilah dan memilih informasi, kemampuan mengkomunikasi informasi kepada khalayak atau publik serta penguasaan teknologi informasi (blog). Seleksi pada babak penyisihan dilakukan dengan sistem penilaian gugur yaitu seleksi mengenai administrasi meliputi struktur organisasi, susunan pengurus, AD / ART, agenda dan Dokumentasi kegiatan, laporan keuangan serta seleksi blog.

Sebelumnya setiap KIM Kecamatan telah diberikan pelatihan pembuatan blog untuk menambah wawasan dan penguasaan teknologi informasi para peserta LCCK KIM.

Acara semifinal diselenggarakan pada hari Senin (05/03/2012) di ruang ATCS lantai VI, kantor Pemerintah Kota Surabaya yang kemudian meloloskan 3 KIM untuk maju ke babak Final LCCK Tingkat Kota Surabaya Tahun 2012.

Ketiga KIM yang maju ke babak Final adalah
  • KIM Bahari dari Kecamatan Bulak,
  • KIM Venus dari Kecamatan Gubeng dan
  • KIM Semanggi Semolowaru dari Kecamatan Sukolilo
Gelaran Final LCCK dibuka oleh Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT. pada hari Sabtu (17/03/2012) di Taman Bungkul Surabaya.

Diharapkan pemenang LCCK KIM yang mewakili Kota Surabaya di tingkat Bakorwil dapat lebih berhasil dari KIM sebelumnya yaitu KIM Anggrek yang menjadi Juara III pada tahun 2011 yang lalu.

Puncak penghelatan LCCK KIM akhirnya memunculkan para juara :
  1. Juara I adalah KIM Semanggi dari Kecamatan Sukolilo yang disusul
  2. Juara II KIM Venus dari Kecamatan Gubeng dan
  3. Juara III diraih KIM Kakap Bahari dari Kecamatan Bulak.
Dengan terpilihnya KIM Semanggi sebagai juara I tentunya memastikan KIM dari Kecamatan Sukolilo tersebut mewakili Kota Surabaya maju ke LCCK tingkat Bakorwil.


Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT. yang berkesempatan hadir untuk membuka final LCCK tingkat Kota tersebut menyampaikan bahwa “kegiatan lomba ini cukup bagus dan bisa dijadikan agenda tahunan guna membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dan masyarakat juga dapat berperan aktif untuk mensosialisasikan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Surabaya.”

Kegiatan ini sangat positif dan perlu didukung oleh semua pihak dan kalangan. Informasi yang disampaikan secara “getok tular” biasanya jauh lebih efektif dan cepat menyebar ke masyarakat.

Informasi-informasi seperti demam berdarah, kebakaran pada musim kemarau, antisipasi banjir saat musim penghujan, dll. jika disampaikan kepada kelompok-kelompok informasi semacam ini maka akan lebih efektif dibandingkan menyebarkan surat edaran ke Kelurahan, RW, atau RT (tapi bukan berarti pihak RW atau RT kurang mampu menyampaikan informasi ke masyarakat), tetapi dengan adanya Kelompok Informasi Masyarakat ini, diharapkan bisa sampai ke tingkat yang paling bawah dengan maksimal.

Selain itu, dengan adanya kelompok-kelompok Informasi ini juga akan memangkas baik dari segi waktu dan anggaran Pemerintah Kota Surabaya dalam menyampaikan informasi.

Posting Komentar

 
Top