Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 22 Maret 2013

POSYANDU LANSIA

 Meningkatnya Umur Harapan Hidup, menyebabkan peningkatan pada jumlah lanjut usia. Besarnya populasi lanjut usia menimbulkan permasalahan-permasalahan baru, sehingga lanjut usia kurang mendapat perhatian, dan pada akhirnya akan menghambat pencapaian lanjut usia sehat sejahtera dan produktif.
Adanya permasalahan-permasalahan tersebut, diperlukan perhatian yang serius dari semua pihak untuk upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia. Telah banyak upaya yang dilakukan, salah satunya adalah terlaksananya pelayanan pada lanjut usia melalui posyandu lanjut usia yang melibatkan semua lintas sektor terkait, swasta, LSM dan masyarakat.
Pelayanan pada lanjut usai yang telah berjalan, ternyata belum dapat mengatasi permasalahan yang ada. Kuatnya stigma masyarakat bahwa pada usia lanjut adalah usia berpenyakit, menyebabkan rendahnya kesadaran untuk memanfaatkan posyandu tersebut. Posyandu tidak lagi melakukan upaya promotif, tetapi lebih kepada kuratif. Hal ini disebabkan, kunjungan lanjut usia pada posyandu, lebih banyak didorong oleh keadaan sakit, tidak karena dorongan memelihara kesehatan.
Keberhasilan upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia, tidak hanya menitikberatkan upaya yang bersifat umum, akan tetapi perlu adanya upaya khusus berupa pendekatan interpersonal terhadap lanjut usia dan keluarga                                                       
Kegiatan Posyandu untuk lansia yang dilaksanakan sebulan sekali setiap selasa ketiga dan bekerjasama dengan Puskesmas setempat.
Karang Werda Utomo nama posyandu lansia yang berkedudukan di RW. V, Kel. Gundih, Kec. bubutan yang beranggotakan 94 lansia sampai bulan Maret 2013 dan semakin bertambah setiap bulan.
Walaupun dana kegiatan tersebut masih swadaya dari RT diwilayah itu tetapi tidak menjadikan menurunkan semangat untuk menjalankan program Pemerintah.



Print Friendly and PDF

2 komentar:

  1. permisi, saya Agung dari ITS surabaya hendak melakukan studi pembelajaran mengenai posyandu untuk lansia. saya ingin minta email dari perwakilan KIM sejahtera Gundih untuk sekedar sharing kegiatan-kegiatan menarik ini. atau mungkin anda bisa menghubungi email saya di Lead_notta@yahoo.co.id. terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agung, sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas perhatian anda.
      untuk lebih mengenal tentang kami, anda bisa menghubngi :

      Sekretariat "KIM Sejahtera Gundih"
      Jln. Margodadi gg Lebar no. 4 (atas)
      Surabaya, Jawa Timur, 60172

      Telpon : (031) 534 6435
      Blog : www.kimgundih.blogspot.com
      Email : kimgundih@gmail.com

      Kami tunggu respon dari anda....

      Hapus