Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 11 Januari 2019

Simulasi Kebakaran di Wilayah Kelurahan Gundih

Musibah kebakaran agaknya menjadi momok bagi sebagian besar warga terutama yang bertempat tinggal di wilayah padat pendukuk, dan gang - gang sempit. Akses jalan bagi petugas PMK merupakan penghalang terbesar untuk segera sampai di TKK (Tempat Kejadian Kebakaran).
 
Menyadari hal tersebut Kelurahan Gundih bekerjasama dengan PMK kota Surabaya menyelenggarakan simulasi kebakaran pada Jumat 11 Januari 2019 Pukul 19.00 WIB.
Bertempat di wilayah RW X Margorukun III,
Acara simulasi kebakaran ini dihadiri oleh Ibu Lurah Gundih, Ketua LKMK, Ketua KIM, Babinsa, Babinkaptibmas, Para Ketua RW dan RT serta masyarakat sekitar.

Sebelum acara Simulasi Kebakaran dimulai, Para warga diberi arahan dan sosialisasi


Dalam acara simulasi ini warga secara langsung di informasikan apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran di wilayah mereka, mulai dari penanganan dini dalam mengatasi kebakaran serta cara menghubungi Coment Centre 112.

Tata cara evakuasi dalam penanganan kebakaran juga di ajarkan Pak M. Mundhir selaku petugas pemadam kebakaran dari pemerintah kota Surabaya. Apa saja yang perlu diamankan dan diselamatkan ketika awal mula terjadi kebakaran.


Sosialisasi juga dilakukan oleh Pihak PMK Kota Surabaya


Warga yang hadir juga turut mensimulasikan SOP yang wajib dimiliki dalam penanganan musibah kebakaran, mulai membentuk tim keamanan yang harus mengamankan jalur kedatangan mobil damkar hingga sampai ke TKK (Tempat Kejadian Kebakaran) hingga tim medis mandiri yang harus dimiliki tiap-tiap wilayah.

Agar mendekati kejadian sebenarnya, PMK kota Surabaya juga mendatangkan langsung unit mobil damkar. Diawali masuk dari Jalan Demak menyusuri jalan Cepu yang terkenal sempit akibat banyaknya parkir liar warga.

Warga juga berantusias dalam mengikuti sosialisasi dan Simulasi Kebakaran tersebut



Sesuai arahan dari ibu Walikota, seyogjanya para pemilik mobil tidak memarkirkan kendaraannya sembarangan yang dapat menghambat akses Petugas pemadam kebakaran.

Ada beberapa hal yang masih perlu mendapat perhatian terkait penanganan kebakaran di Gundih diantaranya, parkir liar, polisi tidur, portal (pagar kampung) serta gapura yang mempersulit pihak pemadam kebakaran dalam penanganan kebakaran di Gundih.

INGAT, dalam hal kebakaran, selalu waspada, kenali caranya, hilangkan kepanikannya, 


KIM Gundih mengabarkan
Print Friendly and PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar